Selasa, 06 Oktober 2015

Pengertian,Ciri- Ciri,Syarat- Syarat dan Jenis- Jenis Iklan

Pengertian,Ciri- Ciri,Syarat- Syarat dan Jenis- Jenis Iklan – Iklan merupakan hal yang sering kita jumpai baik di media cetak maupun media elektronik. Dan setiap produsen selalu menyuguhkan iklan yang menarik untuk menarik perhatian bagi konsumen. Berikut ini merupakan Pengertian Iklan. Iklan adalah pemberitahuan mengenai barang dan jasa dengan tujuan untuk membujuk khayalak agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.



Ciri- Ciri Iklan
Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan memiliki ciri- ciri bahasa sebagai berikut:

1. Pilihan kata yang digunakan menarik,tepat,logis, dan sopan.

2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.

3. Pilihan kata yang digunakan menonjolakan informasi yang dipentingkan

4. Pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran

Syarat- Syarat Iklan
Agar dapat dikatakan sebagai iklan yang baik, iklan memiliki syarat- syarat sebagai berikut:

1. Objektif dan jujur

2. Jelas dan mudah dipahami

3. Tidak menyinggung pihak lain

4. Menarik perhatian orang banyak

Jenis- Jenis Iklan
Iklan dapat dibedakan berdasarkan beberapa hal, dalam pembelajaran ini disajikan jenis iklan berdasarkan media yang digunakan dan tujuan iklan. Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan dapat digolongkan sebagai berikut:

1. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 3 bentuk yaitu:

a. Iklan Baris
Iklan baris adalah iklan yang hanya dibuat dalam beberapa baris, umumnya terdiri atas 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari satu kolom. Biayanya reletif lebih murah, dihitung perbaris. Untuk menghemat biaya dan semua informasi dapat tersampaikan, bahasa yang digunakan dalam iklan ini umumya disingkat , penuh makna, dan sederhana. Hal yang di iklankan dalam iklan baris biasanya iklan lowongan pekerjaan, barang dan jasa dll.

b. Iklan Kolom
Iklan kolom adalah iklan yang dibuat dalam bentuk kolom. Iklan ini lebih tinggi dari pada iklan baris. Terkadang iklan ini juga dilengkapi dengan gambar, simbol, atau lambang yang mendukung isi iklan. Hal yang di iklan kan berupa iklan barang dan jasa, loker dan lain- lain.

2. Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.

3. Iklan Display 
Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.

4. Iklan elektronik 
Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi:

a. Iklan Radio
Iklan radio adalah iklan yang dipublikasikan melalui radio berupa kombinasi dari bunyi kata- kata (voice) dan efek suara (sound effect) dan iklan ini hanya di dengar.

b. Iklan televisi
Iklan televisi adalah iklan yang dipublikasikan melalui televisi berupa kombinasi dari suara, gambar, dan juga gerak. Iklan ini dapat dilihat dan juga bisa didengar.

c. Iklan internet
Iklan internet adalah iklan yang dipublikasikan melalui internet beragam. Ada yang didengar, dan juga ada pula yang di dengar.

Selain dibedakan berdasarkan jenis media yang digunakan , iklan juga bisa dibedakan berdasarkan tujuannya. Berdasarkan tujuannya, iklan dapat digolongkan menjadi:
• Iklan Komersial Iklan yang bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa. Iklan ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu iklan taktis dan iklan strategis.
• Iklan taktis Iklan takstis adalah iklan yang bertujuan mendesak konsumen untuk segera membeli.
• Iklan strategis Iklan strategis adalah iklan yang membangun merk dagang.

d. Iklan Perusahaan
Iklan perusahaan adalah iklan yang bertujuan untuk membangun citra perusahaan yang berujung pada membangun citra produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan teersebut agar dibeli.

e. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mangajak atau menghimbau untuk tidak atau melakukan sesuatu.

Baca juga:
Pengertian Makna Leksikal dan Makna Gramatikal
Pengertian dan Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif
Pengertian Klausa, Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk Setara
Mengenal Jenis Pasar, Pasar Uang dan Pasar Modal
Pengertian, Fungsi dan Macam- Macam Sistem Ekonomi
Bolehkah Aqiqah Setelah Dewasa?

Demikian merupakan pembahasan kami di zonamapel tentang Pengertian,Ciri- Ciri,Syarat- Syarat dan Jenis- Jenis Iklan semoga dapat memberikan manfaat pada anda yang membutuhkan. Dalam keseharian pasti kita menemukan iklan baik iklan tentang barang, jasa, layanan masyarakat dan lain- lain. Bagi anda yang memiliki sebuah produk juga harus tetap memperhatikann syarat- syarat ikal supaya bisa diterima consumen dengan baik (Baca: Pengertian Permintaan dan Penawaran).

Sumber: Buku Big Book Bahasa Indonesia SMP KElas 1,2,3 Pengarang Idhoofiyatul Fatin, Mahabbatul Camalia

Pengertian,Ciri- Ciri,Syarat- Syarat dan Jenis- Jenis Iklan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. q a q a 4 d . n e t
    1.Hadiah Dan Diskon Terbesar Serta Promo Setiap Hari
    2.lomba kuis 3 line setiap hari
    PIN BBM :E35095F0
    WA : +6282360187199
    https://www.facebook.com/groups/147218679248827/
    http://geocities.ws/koper/qaqa4d.html

    BalasHapus