Selasa, 29 September 2015

Bolehkah Aqiqah Setelah Dewasa?

Bolehkah Aqiqah Setelah Dewasa? – Pelaksanaan aqiqah menurut jumhur ulama adalah pada hari ketujuh setelah kelahiran sesuai dengan hadist Samurah bin Jundab yang menerangkan bahwa “Rasulullah SAW bersabda: Semua anak bayi tergadaikan dalam aqiqaahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan kambing, diberi nama dan dicukur rambutnya (Shohih HR Abu Daud 2838, Tirmidzi 1552). Namun jika terlewat tidak masalah anda bisa melaksanakannya pada ahri ke 14, 21, jika belum masih bisa kapan saja asalkan dia mampu. Karena dalam prinsipnya dalam agama Islam adalah memudahkan sesuai dengan firman Allah SWT. Bagi anda yang sudah dewasa dan belum melaksanakan aqiqah namun ingin melaksanakan aqiqah, apakah masih bisa? Di zonamapel ini akan kami bahas secara lengkap dan tuntas untuk anda.




Bolehkah Aqiqah Setelah Dewasa
Jika anda sudah dewasa tetapi anda belum di aqiqah karena orang tua lupa atau karena tidak memiliki dana sebelumnya ia bisa melaksanakan aqiqah sendiri disaat dewasa. Hal ini sesuai dengan Ql-Maimuni bertanya kepada Imam Ahmad “Jika ada orang yang ketika kecil belu, diaqiqahi apakah ketika dewasa boleh mengaqiqahi diri sendiri? Imam Ahmad menjawab”Menurutmu jikabelum di aqiqahi ketika kecil, maka lebih baik melakukannya sendiri saat dewasa. Aku tidak menganggapnya makruh”. Jadi bagi anda yang sudah dewasa dan memiliki dana yang cukup dan pada waktu kecil anda belum di aqiqahi oleh kedua orang tua karena beberapa faktor anda bisa melaksanakan aqiqah sendiri.

Hewan Aqiqah Yang Disyariatkan 

Dalam melaksanakan aqiqah untuk laki- laki disunahkan untuk menyembelih hewan domba sebanyak 2 ekor dan untuk anak perempuan cukup satu ekor domba. Adapaun masalah domba jantan atau betina untuk melaksanakan aqiqah tidak ada suatu keharusan dan keduanya diperbolehkan sebagaimana yang diterangkan oleh Ummu Karz al-Ka’biyyah berkata bahwa saya mendengar Rasulullah SAW bersabda,”Untuk anak laki- laki due ekor domba dan untuk anak perempuan satu ekor domba. Tidak masalah apakah jenis domba tersebut itu jantan atau betina”. (HR.Abu Daud)

Demikian merupakan pembahasan kami di Zonamapel tentang Bolehkah Aqiqah Setelah Dewasa? Yang kami juga lengkapi dengan hewan aqiqah yang disyariatkan dalam melaksanakan aqiqah. Bagi anda yang belum melaksanakan aqiqah atau oranng tua yang belum mengaqiqahi putra atau putrinya anda bisa menabung terlebih dahulu untuk melaksanakan aqiqah. Aqiqah merupakan ajaran Islam yang pernah diajarkan Rasulullah pada 14 abad yang lalu, dengan pentingnya melaksanakan aqiqah maka Rasululah SAW menyampaikan bahwa anak kita tergadai dengan aqqah dan sebagai tebusan adalah dengan menyembelih kambing atau domba (Baca: Akibat dan Cara- Cara Mengatasi Inflasi).

Bolehkah Aqiqah Setelah Dewasa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

0 komentar:

Posting Komentar