Minggu, 21 Juni 2015

Pengertian, Syarat- Syarat dan Jenis Peta

Pengertian Peta - Bagi anda yang suka berjelajah nusantara baik wisata atau dalam hal lainnya terkadang kita membutuhkan peta untuk melihat daerah tersebut seperti jalan, sungai, gunung, rawa atau juga batas provinsi. Peta sangat begitu dibutuhkan, namun tahukah anda pengertian peta. Pengertian Peta adalah gambaran permukaan bumi yang diperkecil yang melukiskan keadaan suatu tempat yang dilihat dari atas. Sedangkan ilmu yang mempelajari tentang peta adalah kartografi dan orang yang ahli dalam bidang peta dalah kartograf. Peta merupakan hal yang sangat penting bagi anda yang melakukan perjalanan apalagi menjelang mudik manfaat peta sangat bermanfaat dengan baik. dengan adanya peta kita bisa melihat kondisi jalan darat, jalan kereta api, batas provinsi, kota, pegunungan dan masih banyak lainnya.



Syarat- Syarat Peta
Dalam memahami peta kita harus mengetahui syarat- syarat peta dan berikut ini merupakan Syarat- Syarat Peta karena peta dikatakan sempurna dan benar jika terdapat syarat- syarat peta yang lengkap:

1. Judul Peta
Dalam sebuah peta harus ada judul karena judul peta bertujuan untuk menerangkan nama peta tersebut dan judul peta diletakan pada bagian atas peta dengan huruf besar.

2. Legenda
Legenda merupakan ketarangan dengan penggunaan lambang- lambang pada peta supaya lebih mudah dibaca. Contoh penggunaan bunderan yang artinya kota dan jalan raya dengan garis merah.

3. Simbol Peta
Simbol peta merupakan tanda- tanda khusus yang digunakan untuk pada peta seperti : • Garis contohnya garis tebal, garis tipis, garis putus- putus • Titik contohnya ukuran atau bentuk • Warna contoh hijau, coklat atau kuning dll

4. Arah Mata Angin
Arah mata angin bertujuan untuk menunjukan posisi peta tersebut dan biasanya logo arah mata angin dengan tanda panah dan huruf U yang artinya arah ke Utara.

5. Skala Peta
Skala peta merupakan angka yang menyatakan perbandingan jarak di peta dengan jarak yang sebenarnya. Skala peta biasanya di tuliskan pada bagian bawah judul atau di bawah peta. Sebagai contoh perbandingan 1: 10.000 menunjukan 1cm pada gambar setara dengan 10.000cm di lapangan atau tempat yang sebenarnya.

6. Inset
Inset merupakan peta kecil yang terdapat dip eta yang bermanfaat untuk penunjuk daerah yang dipetakan pada kedudukannya dengan daerah sekitar yang lebih luas.

7. Lettering
Lettering merupakan semua tulisan dan angka yang berfungsi untuk memperjelas arti dan lambang atau simbol. Contoh: judul peta di tulis dengan huruf kapital dan besar semua.

8. Garis Astronomis
Garis astronomis adalah garis yang dipakai dan bertujuan untuk menentukan lokasi suatu tempat dan biasanya garis astronomis ialah garis lintang dan garis bujur.

9. Sumber Peta dan Tahun Pembuatan
Dalam membuat peta harus dijelaskan sumber peta tersebut dari mana dan tahun pembuatannya kapan.


Jenis Peta
Jenis peta dibedakan menjadi 2 yaitu dari segi isi dan berdasarkan isi:

1. Berdasarkan Skala
Jenis peta berdasarkan skala dibedakan menjadi 5 yaitu:
• Peta kadaster : 1:100- 1:5.000
• Peta Besar Berskala: 1: 5.000- 1: 250.000
• Peta Sedang Berskala : 1: 250.000- 1: 500.000
• Peta Kecil Berskala 1: 500.000 – 1: 1000.000
• Peta Geografis Berskala 1: 1.000.000 ke atas

2. Berdasarkan Isi
• Peta Topografi merupakan peta yang menggambarkan gambaran permukaan bumi.
• Peta Khusus merupakan peta yang menggambarkan penampakan tertentu di permukaan bumi.

Demikian merupakan Pengertian, Syarat- Syarat dan Jenis Peta di zonamapel yang kami berikan kepada anda. Peta merupakan hal yang di anggap sepele namun sangat bermakna atau bermanfaat. Peta online sekarang ini sangat banyak sehingga sangat memudahkan kita untuk melakukan perjalanan atau mencari suatu lokasi (Baca: Pengertian, Unsur- Unsur, dan Syarat Berita).

Pengertian, Syarat- Syarat dan Jenis Peta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

0 komentar:

Posting Komentar