Kamis, 08 Oktober 2015

Pengertian,Jenis- Jensi Grafik dan Tabel

Pengertian,Jenis- Jensi Grafik dan Tabel - Grafik dan Tabel memang sangat diperlukan untuk melihat hasil kinerja atau lain- lain karena dengan adanya grafik dan tabel kita bisa memperhatikan kinerja tersebut apakah mengalami kenaikan atatu penurunan. Bagi orang bisnis grafik dan tabel sangat diperlukan untuk melihat hasil dalam seminggu, sebulan atau dalam setahun. Bagi anda yang masih Sekolah Menengah atas apakah anda tahu Pengertian dan Jenis- Jenis grafik dan juga tabel?



Pengertian Grafik 
Grafik adalah gambaran pasang surut keadaan atau data dengan garis dan gambar. Grafik berfungsi untuk menyajikan data agar cepat dan mudah dipahami.

Jenis- Jenis Grafik
Berdasarkan bentuknya, grafik dibedakan menjadi 3 jenis dan berikut merupakan penjelasannya.

1. Grafik Batang
Grafik batang adalah gambaran pasang surut keadaan atau data berupa batang atau balok. Grafik jenis ini efektif digunakan untuk menekankan perbedaan tingkat atau nilai suatu aspek. Berikut ini merupakan langkah- langkah membaca grafik:
a. Baca judul grafik terlebih dahulu

b. Baca lajur kanan, bawah, kiri, yang berhubungan dengan jumlah, tahun, bulan,nilai,dan sebagaimana.

c. Lihat perbedaan yang mencolok dari data tersebut atau cari data yang ingin diketahui.

d. Tarik kesimpulan dari data yang ada dalam grafik.

2. Grafik Garis
Grafik garis adalah gambaran pasang surut suatu keadaan atau data berupa garis yang dihubungkan dari titik- titik data secara berurutan. Grafik ini efektif digunakan untuk menekankan perkembangan atau perubahan sesuatu waktu dari waktu. Cara membaca grafik garis sama dengan membaca grafik batang.

3. Grafik Lingkaran
Grafik lingkaran adalah gambaran pasang surut suatu keadaan atau data yang berupa bagian- bagian dalam lingkaran. Grafik jenis ini efektif digunakan untuk menggambarkan persentase atau derajat dari nilai total. Nama lain dari grafik lingkaran adalah grafik bundar.

Pengertian Tabel
Tabel adalah penyajian data dengan menggunakan kolom dan baris. Kolom dan baris tersebut dapat berisi angka atau kata- kata. Sama halnya dengan grafik, tabel bermanfaat untuk mempermudah pembacaan atau pencarian data yang diinginkan.

Membaca Sebuah Tabel
1. Membaca judul tabel
2. Membaca kolom- kolom yang ada pada tabel
3. Melihat perbedaan yang mencolok pada data tabel tersebut atau mencari data yang diperlukan.
4. Menarik kesimpulan dari data yang ada pada tabel.

Baca juga:
Pengertian Permintaan dan Penawaran
Pengertian Makna Leksikal dan Makna Gramatikal
Pengertian dan Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif
Pengertian Klausa, Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk Setara
Mengenal Jenis Pasar, Pasar Uang dan Pasar Modal
Pengertian, Fungsi dan Macam- Macam Sistem Ekonomi

Demikian merupakan pembahasan tentang Pengertian,Jenis- Jensi Grafik dan Tabel di Zonamapel semoga dapat memberikan manfaat pada anda yang ingin mengetaui pengertian tersebut. Tabel juga sering digunakan dalam ilmu statistik untuk mengolah data supaya lebih akurat (Baca: Pengertian,Ciri- Ciri,Syarat- Syarat dan Jenis- Jenis Iklan).

Pengertian,Jenis- Jensi Grafik dan Tabel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

0 komentar:

Posting Komentar