Sabtu, 30 Mei 2015

Pengertian, Pengelompokan Dan Manfaat Vitamin

Tubuh memerlukan vitamin untuk tetap menjaga kesehatan, namun vitamin tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga kita memerlukan asupan makanan seperti sayuran dan buah- buahan. Kali ini kami akan membahas secara tuntas Pengertian, Pengelompokan Dan Manfaat Vitamin. Namun anda tahu tidak apa yang dimaksud dengan vitamin? Pengertian vitamin adalah zat- zat kompleks yang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil. Dalam tubuh kita vitamin sangat berperan penting sebagai zat pengatur. Vitamin ini dapat dikelompokan menjadi 2 yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan larut dalam air.



1. Vitamin Larut Dalam Lemak 
Bagi anda yang ingin mengetahui secara lebih detail mana saja yang termasuk dalam vitamin yang larut dalam lemak adalah A,D,E,dan K.
• Vitamin A
Vitamin A merupakan vitamin yang sering terdapat dalam makanan hewani dan juga nabati. Makanan yan mengandung vitamin A pada pangan nabati dalam bentuk karoten yang merupakan provitamin A yang kemudian diproses menjadi vitamin A. bahan nabati yang mengandung provitamin A adalah daun katuk, daun bayam, wortel, buah- buahan dan juga sayur- sayuran.

Vitamin A sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan penglihatan, menjaga kekebalan tubuh, mencegah kanker, mencegah jantung, dan juga berperan dalam proses repoduksi.

• Vitamin D
Vitamin D banyak sekali terdapat pada makanan yang mengandung hewani, dan sangat kecil mengandung vitamin D pada nabati. Makanan hewani yang mengandung Vitamin D adalah daging, susu, dan juga minyak ikan. Sinar matahari juga dapat membuat tubuh untuk memproduksi menjadi vitamin D.

Manfaat Vitamin D adalah membantu dan juga pembentukan tulang bersama dengan vitamin A dan juga vitamin C. Vitamin C berfungsi untuk mengatur kalsium dan fosfor yang tersedia dalam darah yang kemudian diendapkan untuk proses pengerasan tulang.


• Vitamin E
Makanan yang mengandung vitamin E adalah kecambah, alpukat, brokoli, sayuran hijau dan masih banyak lagi. Manfaat dari vitamin E adalah untuk sangat berperan penting dalam antioksidan untuk menangkal radikal bebas, mencegah jantung koroner, dan mencegah gangguan menstruasi.

• Vitamin K
Makanan yang mengandung vitamin K adalah sayuran hijau, kubis, gandum, dan juga kacang polong. Manfaat vitamin K berfungsi untuk pembekuan darah dan juga kesehatan tulang, dan juga vitamin K berperan dalam kofaktor enzim karboksilase dalam metabolism protein.

2. Vitamin Larut Dalam Air 
Vitamin yang larut dalam air sangat banyak yaitu vitamin B1, B2,B3, B5, B6,B12, C, asam folat, dan juga biotin.

Demikian merupakan Pengertian, Pengelompokan Dan Manfaat Vitamin yang tentunya semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mempelajari tentang berbagai macam vitamin. Yang pada sebelumnya di zonamapel telah membahas tentang ilmu ekonomi yaitu Pengertian, Fungsi dan Tujuan APBN.

Pengertian, Pengelompokan Dan Manfaat Vitamin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

0 komentar:

Posting Komentar