Rabu, 10 Juni 2015

Mengenal Manusia Purba Di Indonesia

Mengenal Manusia Purba Di Indonesia – Menurut para ahli bahwa penduduk Indonesia merupakan berasal dari manusia purba yang hidup ratusan tahun yang lalu, namun hal ini membuat pro dan kontra. Berbeda dengan para ahli bahwa Moh. Yamin menerangkan bahwa penduduk asli Indonesia ya berasal dari Indonesia sendiri dan semua manusia yang di Asia Tenggara asal mula dari penduduk Indonesia. Kembali ke manusia purba bahwa di Indonesia, manusia purba telah hidup dan terdapat fosil- fosilnya. Penelitian pada tahun 1889 yaitu Van Rietschoten menemukan fosil manusia purba wadjak I di wajak daerah Tulungagung (Jawa Timur) dan pada tahun 1890 yaitu Dubois menemukan manusia purba wadjak II dan kebanyakan fosil manusia purba ada di Pulau Jawa. Berikut ini merupakan manusia purba yang ada di Indonesia:



1. Australopithecus Paleojavanicus (Meganthoropus Paleojavanicus)
Penelitian Van Koenigswald melakukan penelitian pada tahun 1936 sampai tahun 1941di daerah Sangiran, menemukan fosil tulang rahang dan gigi dalam ukuran yang cukup besar. Meganthoropus Paleojavanicus atau yang saat ini biasa disebut Australopithecus Paleojavanicus merupakan manusia purba yang tertua yang pernah hidup di Indonesia.

2. Homo Erectus
Merupakan manusia purba yang juga pernah ada di Indonesia yang memiliki tinggi badan 165cm- 180cm. volume otak dari homo erectus sekitar 750cc- 1300cc. di Indonesia banyak di temukan jenis homo erectus dan berikut ini merupakan jenis- jenisnya:

• Homo Erectus Modjokertensis
Manusia purba jenis ini di temukan di daerah Mojokerto Jawa Timur

• Homo Erectus Erectus (Pithecanthropus Erectus)
Fosil manusia purba ini ditemukan oleh E. Dubois pada tahun 1891 di daerah Trinil Ngawi, Homo Erectus Erectus dahulu dikenal sebagai Pithecanthropus Erectus.

• Homo Erectus Soloensis
Fosil manusia purba ini ditemukan oleh Ter Haar dan Van Optennorth sekitar tahun 1931 di daerah Ngandong daerah lembah Sungai Bengawan Solo.

3. Homo Sapiens
Homo Sapiens merupakan manusia purba yang paling cerdas.

4. Homo Sapiens Sapiens
Homo Sapiens Sapiens merupakan manusia purba yang ditemukan di Wajak, manusia purba ini bentuknya sudah hampir mirip dengan manusia saat ini.

Demikian merupakan Mengenal Manusia Purba Di Indonesia yang tentunya bermanfaat bagi wawasan kita tentang manusia purba yang pernah tinggal di Negara kita. Manusia purba hidupnya masih primitive. Ikuti terus informasi seputar mata pelajaran terlengkap hanya di zonamapel (Baca: Mengenal Bentuk- Bentuk Pasar).

Mengenal Manusia Purba Di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

0 komentar:

Posting Komentar