Senin, 28 September 2015

Pengertian, Jenis- Jenis dan Penyebab Inflasi

Pengertian, Jenis- Jenis dan Penyebab Inflasi – Dalam hal ekonomi suatu Negara bisa mengalami terjadinya inflasi karena beberapa faktor karena terjadi ketidakseimbangan antara arus barang dan juga arus uang. Namun apakah anda sudah mengetahui secara detail apa yang dimaksud dengan inflasi? Inflasi terjadi juga dipengaruhi faktor- faktor dan untuk itu kami akan mencoba untuk menjelaskan secara detail dan juga secara mudah dipahami. Berikut ini merupakan Pengertian, Jenis- Jenis dan Penyebab Inflasi.



Pengertian Inflasi 
Inflasi adalah kecenderungan naiknya harga barang secara umum dan berlangsung terus menerus sebagai akibat tidak seimbangnya arus barang dan arus uang. Inflasi membawa dampak yang kurang begitu baik sehingga pemerintah terkadang mengeluarkan berbagai macam kebijakan ekonomi untuk mengatasi hal inflasi ini. Inflasi yang terus menerus berdampak pada kurangnya daya beli masyarakat sehingga pertumbuhan ekonomi akan menurun bukannya meroket.

Jenis- Jenis Inflasi 
Inflasi memiliki berbagai macam jenis yaitu berdasarkan tingkat keparahannya maka inflasi dibedakan menjadi 4 maca yaitu:

• Inflasi ringan (dibawah 10% per tahun)

• Inflasi sedang (antara 10-20% per tahun)

• Inflasi berat (antara 30-100% per tahun)

• Inflasi sangat berat atau hiperinflasi (diatas 100% per tahun)


Penyebab Inflasi
Berdasarkan penyebab maka inflasi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:

• Inflasi Dorongan Permintaan (Demand-pull Inflation)
Inflasi Dorongan Permintaan adalah inflasi yang disebabkan karena kelebihan permintaan efektif atas barang atau jasa. Permintaan masyarakat yang terlalu besar tidak dapat dilayani oleh kapasitas produks sehingga permintaan dan penawaran terganggu dan mengakibatkan harga- harga naik. Dari kurva tersebut diatas terlihat bahwa dengan bertambahnya permintaan masyarakat (dari D1 ke D2) sedangkan penawaran tetap mengakibatkan harga naik (dari H1 ke H2). Bertambahnya permintaan mungkin disebabkan bertambahnya jumlah uang yang beredar atau bertambahnya permintaan dari luar negeri.

• Inflasi Dorongan Biaya (Cost-push Inflation)
Inflasi Dorongan Biaya adalah inflasi yang disebabkan oleh adanya kenaikan biaya produksi. Kenaikan biaya produksi dapat terjadi karena kenaikan harga bahan baku atau kenaikan gaji atau upah. Dengan adanya ini maka produsen mengurangi jumlah produksi sehingga penawaran berkuurang. Dengan asumsi permintaan agregat masyarakat tetap atau stabil maka harga akan mengalami kenaikan. Dalam kurva tersebut maka naiknya biaya produksi akan menurunkan jumlah produksi (dari S1 ke S2) sedangkan jumlah permintaan tetap, mengakibatkan harga naik dari H1 ke H2.

• Imported Inflation 
Imported Inflation adalah inflasi yang timbul karena adanya inflasi di luar negeri yang mengakibatkan naiknya harga barang di dalam negeri. Inflasi jenis ini banyak di alami oleh Negara- Negara yang sebagian besar usaha prosuksinya menggunakan bahan atau alat dari luar negeri.

Demikian merupakan pembahasan kami tentang Pengertian, Jenis- Jenis dan Penyebab Inflasi di Zonamapel semoga dapat memberikan manfaat pada anda yang bertanya tentang inflasi. Indonesia saat ini juga sedang mengalami inflasi namun tergolong kecil namun harus tetap di waspada dan hal ini sudah dilakukan oleh pemerintah dengan melakukan paket ekonomi jilid 2 tentang kebijakan yang nendang yang berdampak positif bagi ekonomi Indonesia (Baca: Pengertian, Massa Jenis dan Wujud Zat).

Pengertian, Jenis- Jenis dan Penyebab Inflasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

0 komentar:

Posting Komentar