Kamis, 01 Oktober 2015

Pengertian Klausa, Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk Setara

Pengertian Klausa, Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk Setara – Dalam Bahasa Indonesia terkadang ada pembahasan tentang klausa, kalimat tunggal dan juga kalimat majemuk setara yang mana ke 3 kalimat tersebut merupakan hal yang penting untuk anda pelajari supaya anda dalam menyusun kalimat secara baik dan juga tentunya benar. Dalam menyusun kalimat tentunya tidak sembarangan karena jika kita tidak memenuhinya maka kalimat akan merasa ambigu atau sulit untuk dimengerti. Berikut ini merupakan Pengertian Klausa, Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk Setara dan juga contohnya:



A. Pengertian Klausa 
Klausa adalah suatu konstruksi (bangunan) yang sekurang kurangnya terdiri atas unsure subyek dan juga predikat. Akan tetap klausa bisa hanya terdiri dari atas predikat saja. Klausa sering dikacaukan dengan kalimat. Perbedaanya sebuah kalimat itu diakhiri dengan intonasi (misalnya : tanda titik, tanda seru, tanda tanya) sedangkan klausa tidak. Berikut ini contohnya:
• Pergi!
• Ia Pulang?
• Ia Datang?

Klausa semata- mata mempersoalkan unsur-usur segmental yang membentuk kontruksi tersebut. Sebuah kalimat tunggal terdiri atas sebuah klausa, sedangkan sebuah kalimat majemuk (setara bertingkat terdiri atas dua klausa atau lebih.

Sebagai contoh:
• Sutisna Rajin, Adiknya malas
• Ojak datang ketika saya membaca


B. Kalimat Tunggal 
Kalimat tunggal adalah kalimat yang hanya terdiri atas satu klausa. Sebuah kalimat tunggal terdiri atas dua unsure inti dan boleh diperluas dengan satu atau lebih unsur – unsur tambahan, asal unsur- unsur tambahan itu tidak membentuk pola yang baru.

Contoh:
• Ia membaca Koran(SPO)
• Sutisna membaca Koran di kamar tadi malam (SPOKK)

C. Kalimat Majemuk Setara
Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk yang pola- pola kalimatnya memiliki kedudukan yang sederajat. Di dalam kalimat tersebut tidak terdapat pola kalimat yang menduduki suatu fungsi tertentu lebih tinggi dari pola lainnya Berikut ini merupakan 3 jenis kalimat majemuk setara:

a. Setara menggabungkan
• Tina belanja sayuran dan mama memasaknya.
• Bapak mengambil buku kemudian membacanya.

b. Setara memilih
• Engkau disini atau ikut pulang saja

c. Setara mempertetangkan
• Kakaknya rajin,tetapi ia sendiri malas.

Demikian merupakan pembahasan tentang Pengertian Klausa, Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk Setara di zonamapel semoga dengan penjelasan tersebut diatas dapat bermanfaat pada anda. Memang dalam membuat suatu kalimat dibutuhkan pemahaman yang baik tentang tata cara membuat kalimat sehingga memudahkan bagi yang membacanya (Baca: Mengenal Jenis Pasar, Pasar Uang dan Pasar Modal).

Pengertian Klausa, Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk Setara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

0 komentar:

Posting Komentar