Sabtu, 30 Mei 2015

Pengertian, Fungsi dan Saluran Distribusi

Pengertian, Fungsi dan Saluran Distribusi – Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang sangat penting untuk kita pelajari karena dengan ilmu ekonomi yang bagus kita dapat membangun bangsa menjadi lebih besar dan kuat. Kita tahu sendiri banyak pakar- pakar ahli ekonomi yang telah membawa Indonesia mencapai kejayaan pada masa waktu yang lalu, namun saat ini Indonesia mengalami pertumbuhan yang sedikit stabil. Kembali dalam pembahasan ilmu ekonomi, bahwa anda pasti sering mendengar kata distribusi. Pengertian distribusi adalah semua kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen (dunia usaha) ke konsumen. Istilah distribusi terkesan sangat pasif, sehingga distribusi yang aktif diindentifikasi dengan istilah pemasaran yaitu distribusi yang diimbangi dengan demonstrasi, pemasangan iklan, pemberian hadiah dan lain- lain.



1. Distribusi dalam Perdagangan
Distribusi dapat dilakukan melalui usha perdagangan kelompok perdagangan dapat dibagi menjadi 2 menjadi:

a. Pedagang Besar (Whole Seller)
Pedagang besar (grosir)adalah pedagang yang membeli barang secara besar- besaran dan menjualnya kepada pedagang eceran.

b. Pedagang Kecil
Pedagang kecil adalah pedagang yang menjual langsung kepada konsumen. Misalnya warung, toko, kios dll.

2. Perantara Khusus 
a. Agen
Agen adalah perantara perdagangan yang atas nama suatu perusahaan tertentu menjualkan barangnya di daerah tertentu. Balas jasa agen sering disebut komisi.

b. Makelar
Makelar adalah perantara atas nama orang lain (pemberi kuasa) mencarikan barang bagi pembelidan atau menjualkan barang bagi penjua. Balas jasa makelar disebut sebagai provisi atau lurtasi.

c. Komisioner
Komisioner adalah perantara dalam perdagangan atas namanya sendiri dan bertanggung jawab sendiri. Balas jasa komisioner adalah komisi.

d. Eksportir dan Importir

 Fungsi Distribusi 
a. Menyalurkan barang dari produsen dan konsumen
b. Memecahkan persoalan perbedaan tempat
c. Memecahkan persoalan perbedaan waktu
d. Seleksi dan kombinasi barang menurut jumlah dan jenisnya

Saluran distribusi 
Saluran distribusi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
a. Distribusi barang hasil distribusi besar
b. Distribusi hasil pertanian dan kerajinan rakyat.

Bagan distribusi barang hasil industri besar: importir, badan usaha produsen besar, perwakilan cabang daerah, distributor, sub distributor, retailer, konsumen.

Demikian merupakan Pengertian, Fungsi dan Saluran Distribusi semoga dapat memberikan anda referensi seputar dunia ekonomi. Ikuti terus artikel mata pelajaran yang penting dan manfaat di zonamapel (Baca: Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Produksi).

Pengertian, Fungsi dan Saluran Distribusi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

0 komentar:

Posting Komentar