Sabtu, 30 Mei 2015

Pengertian, Fungsi dan Tujuan APBN

Membicarakan keuangan Negara berarti membicarakan dari mana Negara memperoleh sumber pendapatan atau penerimaan dan untuk pengeluaran apa saja keuangan Negara tersebut dialokasikan. Sumber pendapatan dan macam- macam pengeluaran Negara setiap tahun secara terinci akan ditemui di dalam APBN. Dengan demikian membicarakan keuangan Negara sama saja artinya dengan membicarakan APBN. Berikut ini di zonamapel akan kami bahas secara lengkap Pengertian, Fungsi dan Tujuan APBN.



Pengertian APBN 
Pengertian APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) adalah suatu daftar yang yang membuat secara rinci tentang sumber- sumber penerimaan Negara dan alokasi pengeluarannya dalam jangka waktu tertentu, biasanya dalam waktu 1 tahun.

Periode penyusunan dan pelaksanaan APBN di Indonesia dilaksanakan dari tanggal 1 April sampai dengan 31 Maret tahun berikutnya, yang selanjutnya kurun waktu tersebut dikenal sebutan tahun anggran. Setiap tahun pemerintah senantiasa menyusun APBN, seperti yang diamanatkan oleh pasal 23 ayat 1 UUD 1945, yang menyatakan bahwa: tiap- tiap tahun APBN ditetapkan dengan undang- undang. Apabila DPR tidak menyetujui anggaran yang diusulkan pemerintah, maka pemerintah memakai anggaran tahun yang lalu.

Tujuan APBN
Tujuan APBN adalah sebagai pedoman pengeluaran dan penerimaan Negara agar terjadi keseimbangan yang dinamis, dalam rangka melaksanakan kegiatan- kegiatan kenegaraandemi tercapainya peningkatan produksi, peningkatan kesempatan kerja, pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, dan pada akhirnya ditujukan untuk tercapainya masyarakat yang adil dan makmur material maupun spiritual bedasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Fungsi APBN 
1. Fungsi stabilisasi merupakan APBN diharapkan dapat menjaga kestabilan arus uang dan arus barang.
2. Fungsi alokasi merupakan APBN dapat menunjukan sasaran dan prioritas pembangunan.
3. Fungsi distribusi merupakan APBN yang menunjukan pembagian dana pada berbagai sector.
4. Fungsi pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi merupakan melalui besar kecilnya APBN dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

Demikian merupakan pembahasan tentang Pengertian, Fungsi dan Tujuan APBN yang tentunya sangat bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan materi tentang ilmu Ekonomi. Setelah sebelumnya kami juga telah membahas Pengertian Bangsa, Negara dan Warga Negara.

Pengertian, Fungsi dan Tujuan APBN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

0 komentar:

Posting Komentar