Selasa, 29 September 2015

Akibat dan Cara- Cara Mengatasi Inflasi

Akibat dan Cara- Cara Mengatasi Inflasi – Setelah pada sebelumnya membahas tentang pengertian inflasi dan juga penyebab terjadinya inflasi di Zonamapel ini kami akan mencoba untuk membahas akibat atau dampak inflasi dan juga cara yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi inflasi. Bagi anda yang penasaran tentang tersebut berikut ini merupakan Akibat dan Cara- Cara Mengatasi Inflasi.



Akibat Inflasi
a. Terhadap Perekonomian

• Pada masa inflasi, para pemilik modal cenderung melakukan investasi spekulatif seperti contoh membeli rumah, membeli tanah, menyimpan barang berharga. Cara ini lebih bagus untuk berinvestasi dari pada melakukan investasi produktif.

• Inflasi akan menyebabkan tingkat bunga meningkat. Makin tinggi inflasi makin tinggi tingkat bunga. Tingkat bunga yang tinggi mengurangi kegairahan pada investasi produktif.

• Inflasi akan menimbulkan ketidakpastian keadaan ekonomi di masa depan.

• Inflasi menyebabkan harga barang import lebih murah dibandingkan dengan harga barang yang dihasilkan atau diproduksi dalam negeri. Maka import berkembang lebih cepat, tetapi ekspor bertambah dengan lambat. Keadaan ini mengakibatkan terjadinya defisit neraca pembayaran dan kemerosotan nilai mata uang dalam negeri.

b. Terhadap Individu dan Masyarakat

• Dalam masa inflasi, nilai harta mengalami kenaikan harga. Kenaikan melebihi inflasi itu sendiri. Sedangkan pendapatan riil penduduk berpenghasilan rendah merosot. Dengan demikian inflasi memperlebar kesenjangan distribusi pendapatan di antara anggota masyarakat.

• Inflasi sangat merugikab masyarakat yang memiliki penghasilan tetap seperti pegawai negeri, pensiunan, dan juga petani. Kenaikan harga biasanya melebihi kenaikan inflasi itu sendiri sehingga pendapatan riil sebagian besar tenaga kerja merosot. Sehingga kemakmuran masyarakat merosot.

• Masyarakat yang menyimpan kekayaan dalam bentuk deposito dan tabungan di bank, juga yang memegang uang tunai akan rugi. Dalam inflasi nilai riil tabungan tersebut akan merosot.

• Kerugian yang sama akan dialami oleh para kreditur apabila bunga pinjaman lebih rendah dari laju inflasi.

Cara- Cara Mengatasi Inflasi

a. Kebijakan Moneter

Politik Diskonto adalah politik Bank Sentral untuk mempengaruhi peredaran uang dengan jalan menaikan dan menurunkan tingkat bunga. Pada masa inflasi Bank Sentral akan menaikan tingkat bunga. Diharapkan jumlah uang yang beredar akan berkurang, karena orang akan lebih banyak menyimpan uangnya di bank.

Politik Pasar Terbuka adalah politik Bank Sentral untuk mempengaruhi peredaran uang dengan membeli dan menjual surat- surat berharga. Pada masa inflasi surat- surat berharga dijual untuk menarik uang di masyarakat.

Politik Persediaan Kas adalah politik Bank Sentral untuk mempengaruhi peredaran uang dengan cara menaikan dan menutunkan persentase persediaan kas dari bank. Pada masa inflasi persentase persediaan kas dinaikan. Maka jumlah kredit akan berkurang.

b. Kebijakan Fiskal 

• Pengaturan Pengeluaran Pemerintah. Pemerintah harus menjaga anggaran Negara agar sesuai dengan perencanaan. Kalau tidak hal ini akan mendorong pertambahannya uang yang beredar atau sebaliknya.

• Peningkatan Tarif Pajak. Dengan dinaikan tarif pajak maka penghasilan rumah tangga sebagian akan diberikan kepada pemerintah sehingga daya beli masyarakat akan berkurang.

• Pemberlakuan Pinjaman Pemerintah. Dalam hal ini pemerintah meminjam secara paksa kepada masyarakat akibatnya pendapatan pemerintah bertambah daya beli masyarakat berkurang.

Demikian merupakan pembahasan tentang Akibat dan Cara- Cara Mengatasi Inflasi semoga dapat memberikan manfaat pada anda. Inflasi merupakan hal yang sangat begitu bahaya jika tidak ditanggapi secara serius sehingga perekonomian bisa pulih dan daya beli masyarakat bisa kembali normal (Baca: Pengertian, Jenis- Jenis dan Penyebab Inflasi).

Akibat dan Cara- Cara Mengatasi Inflasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

0 komentar:

Posting Komentar