Selasa, 22 September 2015

Pengertian Metamorfosis dan Metagenesis Secara Lengkap

Pengertian Metamorfosis dan Metagenesis Secara Lengkap – Bagi anda yang sedang mempelajari ilmi biologi atau IPA terkadang ada pembelajara tentang adanya metamorphosis dan juga metagenesis. Namun dari anda semua yang paling mengenal adalah metamorphosis dan metagenesis jarang yang mengetahuinya. Di zonamapel ini akan kami pelajari secara lengkap tentang pengertian Metamorfosis dan Metagenesis. Berikut ini merupakan Pengertian Metamorfosis dan Metagenesis Secara Lengkap:



A. Metamorfosis adalah proses perubahan bentuk baik struktur maupun fungsi organorgan tubuh makhluk hidup. Metamorfosis biasa terjadi pada hewan dan hewan yang bisa mengalami perubahan Metamorfosis adalah seperti kupu- kupu. Pada awalnya kupu- kupu merupakan hanya sebagai kepompong kemudian Metamorfosis dalam beberapa hari dan menjadi kupu- kupu. Berikut ini merupakan pola Metamorfosis pada kupu- kupu: Kupu- kupu- telur- ulat kecil- ulat dewasa- kepombong- kupu- kupu

Metamorfosis pada serangga dibedakan menjadi 3 bagian yaitu:

1. Ametabola
Ametabola adalah golongan serangga yang tidak mengalami metamorfosis, misalnya kutu buku. Setelah telur menetas, serangga menjadi hewan kecil kemudian berkembang menjadi dewasa yang tidak mengalami perubahan bentuk hanya terjadi perubahan ukuran.

2. Hemimetabola
Hemimetabola adalah kelompok serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, misalnya belalang, laron, dan capung. Serangga ini hanya mengalami tiga tahap perkembangan yaitu telur, larva (nimpa), dan imago, jadi tidak melalui pupa (kepompong).

3. Holometabola
Helometabola adalah kelompok serangga yang mengalami metamorfosis sempurna, misalnya kupukupu, lalat, dan nyamuk. Serangga ini mengalami empat tahap perkembangan yaitu telur, larva, pupa (kepompong), dan imago. Selain pada serangga hewan bertulang belakang ada yang mengalami metamorfosis misalnya katak.

B. Metagenesis
Metagenesis adalah pergantian keturunan, yang biasanya terjadi pada tumbuhan yang berspora, di mana generasi yang berreproduksi secara seksual diganti dengan generasi yang berreproduksi secara aseuksual. Tumbuhan yang mengalami metagenesis yang dapat diamati dengan jelas ialah pada tumbuhan lumut dan paku. Lumut dan paku sama-sama memiliki generasi seksual yang disebut generasi gametofit dan generasi aseksual yang disebut generasi sporofit pada tumbuhan lumut. Lumut yang kita lihat sehari-hari merupakan generasi seksual (generatif) yang disebut gametofir, sedang generasi sporofitnya kecil, yang masih menumpang pada generasi gametofitnya.

Baca juga:
Pengertian, Syarat- Syarat dan Jenis Peta
Pengertian, Unsur- Unsur, dan Syarat Berita
Pengertian, Tujuan dan Fungsi Koperasi
Pengertian Puasa dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
Mengenal Manusia Purba Di Indonesia

Demikian merupakan pembahasan tentang Pengertian Metamorfosis dan Metagenesis Secara Lengkap semoga dengan pembahasan mata pelajaran IPA ini dapat memberikan manfaat pada anda yang sedang membutuhkan akan informasi ini (Baca: Mengenal dan Ciri- Ciri Virus).

Buku IPA kelas VIII (Pengarang: Henry G, Kuswanto,Tuti Hartiningsih)

Pengertian Metamorfosis dan Metagenesis Secara Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

0 komentar:

Posting Komentar