Senin, 28 September 2015

Pengertian dan Macam- Macam Gelombang

Pengertian dan Macam- Macam Gelombang – Gelombang merupakan berhubungan dengan bunyi dan tahukah anda tentang pengertian gelombang. Gelombang adalah bentuk dari getaran yang merambat pada suatu medium. Dalam gelombang yang merambat adalah gelombangnya bukan dari zat perambatnya. Dalam hal cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam waktu satu detik.




Berdasarkan kebutuhan medium (tempat) perambatanya dibedakan menjadi 2 yaitu:

1. Gelombang Mekanik
Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium atau tempat merambatnya. Medium tersebut bisa berupa zat cair, zat padat dan juga udara.

Gelombang mekanik juga dibedakan menjadi 2 yaitu:

• Gelombang Transversal Gelombang transversal adalah gelombang mekanik yang arah perambatannya tegak lurus terhadap arah getarannya.

• Gelombang Longitudinal Gelombang longitudinal adalah gelombang mekanik yang arah perambatannya sejajar terhadap arah getarannya.

2. Gelombang Elektromagnetik
Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium untuk hal perambatannya. Sebagai contoh adalah gelombang cahaya.


Pengelompokan Bunyi
Pengelompokan bunyi berdasarkan frekuensi:

• Bunyi infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya <20 Hz. Dalam bunyi tidak bisa didengarkan oleh manusia, namun bisa didengarkan oleh hewan seperti laba- laba, jangkrik dan juga lumba- lumba.

• Bunyi audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya antara <20 Hz sampai 20.000 Hz dan bunyi ini dapat didengarkan oleh manusia.

• Bunyi ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya > 20.000 Hz dan yang dapat mendengarkan suara atau bunyi ini adalah hewan seperti anjing, jangkrik dan juga lumba- lumba.

Pemantulan Bunyi 
Dalam pemantulan bunyi bumi terdapat 2 yaitu:

• Gaung Gaung adalah bunyi pantul yang sebagian terdengar bersamaan dengan bunyi aslinya sehingga bunyi asli tidak begitu terdengar jelas.

• Gema Gema adalah bunyi pantul terdengar setelah bunyi asli asli karena dinding pantulnya berada jarak yang jauh.

Baca juga:
Pengertian Metamorfosis dan Metagenesis Secara Lengkap
Mengenal dan Ciri- Ciri Virus
Pengertian, Syarat- Syarat dan Jenis Peta
Pengertian, Unsur- Unsur, dan Syarat Berita
Pengertian, Tujuan dan Fungsi Koperasi


Demikian merupakan pembahasan kami tentang Pengertian dan Macam- Macam Gelombang yang coba kami lengkapi dengan Pengelompokan Bunyi dan Pemantulan Bunyi semoga dapat memberikan manfaat pada anda yang sedang mempelajari mata pelajaran IPA (Baca: Pengertian dan Keuntungan Otonomi Daerah).

Pengertian dan Macam- Macam Gelombang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: didik apriyanto

0 komentar:

Posting Komentar